Tulisan Anak Rantau

Berbicara tentang anak rantau bukan tentang jarak, waktu, atau apapun itu. Tapi tentang seberapa kuat kita tetap menjalani apa yang seharusnya diselesaikan saat kamu memutuskan untuk menjadi anak rantau. Saya pribadi adalah perantau yang terlampau jauh ratusan kilometer dari kampung halaman. Menjadi perantau mungkin sesuatu yang berat pada awalnya. Jika kamu adalah perantau, dan pernah menyesali keputusanmu untuk jadi perantau. Tapi, yang harus kamu ketahui adalah kamu memlih untuk jadi perantau bukan tanpa alasan. Ini bukan waktunya untuk menyesali keputusan yang kamu buat, tapi bagaimana kamu menjadikan ini suatu kesempatan yang baik bagi dirimu. Kenapa saya mengatakan bukan saat yang tepat untuk menyesalinya(?), silahkan baca artikel saya sebelumnya. Untuk para calon perantau, silahkan pikir baik-baik apakah ini keputusan yang tepat(?), karena sudah saya katakan sebelumnya jika ini bukan tentang jarak, waktu, atau apapun itu, tapi tentang seberapa kuat kita nantinya tetap bisa menjalani dengan segala tekanan yang nantinya akan muncul.

Jika kamu perantau, dan terkadang pernah menangis karena rindu akan kampung halaman dan segala isinya, bukan berarti kamu lemah, bukan berarti kamu cengeng. Tapi yang harus digaris bawahi adalah menangis hanyalah sebuah fase, bukan hal yang kamu lakukan berlarut-larut. “The show must go on and on”. Kamu harus tetap menyelesaikan kuliahmu, pekerjaanmu atau apapun itu. Jadi, menjadi anak rantau bukan momen yang membuat kamu bersedih-sedih, namun momen yang bisa kamu manfaatkan untuk menemukan hal- hal baru yang tidak ada di kota asalmu, momen dimana kamu lebih bisa nantinya menghargai perbedaan dan menyadari bahwa banyak sekali perbedaan yang ada di dunia ini. Kamu dituntut untuk keluar dari zona nyamanmu, dituntut untuk beradaptasi di tempat barumu. Ini merupakan tantangan yang menyenangkan jika kamu dapat menjadikannya mudah, dan akan menjadi sesuatu yang menyedihkan jika kamu membuatnya menjadi sulit.

Saat kamu merasakan homesick, cobalah hal baru. Banyak hal yang dapat kamu lakukan di kota perantauanmu seperti mengeksplor setiap pelosok di kota perantauanmu, menemukan kegiatan-kegiatan yang kamu sukai, dan banyak hal lainnya.

Ini hanyalah opini saya semata, jika ada yang berbeda pandangan dengan saya, silahkan komen dibawah. Sepeti biasa, karena saya blogger baru, mungkin kalian dapat menyematkan beberapa kritik dan saran untuk saya.
Terimakasih

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s